chocoprince

menu

Selasa, 31 Agustus 2010

Koin Receh Zaman Penjajahan

Setelah lama vakum dari jagad pe-bloggeran akhirnya ane ngecoba posting artikel lagi, kali ini ane mau menyingkap harta karun yang dari dulu ane simpen nih gan !!
sebelum baca artikel ane ini mendingan agan2 tau dulu sejarah singkat  bagaimana ane bisa dapet nih harta karun, prosesnya sangat panjang dan sulit banget ditambah perlu semedi nih gan!! serius...hehehehe becandaan kok gan !!

Nih barang ane temuin lama sebelum ane beranjak dewasa, ciyeee kata-katanya !
waktu kecil dulu tuh ane sering banget berpetualang di sekitar rumah ane. mulai dari selokan, tanah kosong hingga kolong rumah alhasil setelah berkubang dengan keringat dapet deh harta karun ini, piyuh capeee !! 
harta karun ini berupa koin-koin uang receh jaman behula yang sangat kuno dan hampir gak teridentifikasi gan sumpah, ane sudah nanya2 sama nene ane yang umurnya jauh diatas ane katanya gak tau tuh uang kapan! Katanya sih jaman BELANDA ato INGGRIS, yee ane juga tau kan ada tulisannya ne !! 
langsung aja gan!


Koin pertama
Uang jaman bahari, entah berapaan ini uang soalnya gak ada nominalnya tuh !! ato ini Cuma perhiasan aja, bentuknya sih koin gitu kaya uang !! 

Koin ini sudah agak lusuh dan sedikit karatan , mungkin karna sudah termakan mulai zaman dan kena angin dan hujan sebelum nyampe ditangan ane!! Hihihi

tapi yang terpenting ini koin merupakan salah satu saksi bisu sejarah Indonesia masa lampau. Sayang aja koin ini benda mati, kalo koin ini dulu dimodifikasi punya memori.. wah ane yakin bisa nih koin paling dicari2 seantero jagad raya !! #yaiyalah 


(depan)                                           (belakang)

Maaf nih fotonya kurang fokus, nih ane kasih detail tulisannya!!
Dibagian depan (gambar wajah cewe): ada tulisan “VICTORIA GEI GRATIA” (kayanya ratu victoria gan!!)
Bagian belakangnhya : REGINA FID : DEF BRITANNIARIUM

Sampai sekarang ane masih bingung sama koin yang satu ini, masih teka-teki gak ada yang tau jenis koin apa dan kapan beredarnya. Nih koin  dengan warna kuning yang menantang misterius bangat deh gan . Zaman penjajahan inggris ke Indonesiakan sudah lama banget ya !

Koin kedua
Nah, selanjutnya adalah koin yang cukup fenomenal dan banyak banget ceritanya sering agan-agan denger pastinya dari nenek buyut masing2, hehehehe
Yaitu koin bolong…!!







 (depan)                             (belakang)

Uang koin yang satu ini tulisan dibagian depannya kaya tulisan relief yang sulit banget dan gak mungkin kebaca bagi orang awam, trus yang dibagian bawahnya sih kaya ada tulisan arab gitu… makin aneh lagi ketika liat bagian belakangnya yang ada tulisan hindia belanda (NETHERLANDS INDIE) semakin jelaskan uang ini mungkin dipakai di Indonesia zaman penjajahan Belanda dulu. Kondisinya juga semakin menegaskan berapa usia dari koin ini, dan lagi2 ane gak tau tahun produksinya nih uang…apa mungkin tiga setengah abad yang lalu, wahhhh koin prasejarah dong!!



bagi agan2 yang sempet baca artikel ane yang satu ini mohon share kalo ada yang tau sejarah dari kedua koin ini, hitung2 nambah pengetahuan ane (daripada disimpen lama2 dan gak tau ceritanya). #trims

1 komentar: